Pages

Wednesday, May 18, 2016

Don't Judge a Book by its Cover

4 Rajab 1437 H (diringkas dari khutbah oleh Ust. Nouman Ali Khan)

Tanpa kita sadari, terkadang kita membunuh harapan dari orang-orang. Kita mengharapkan terlalu banyak bahkan terlalu cepat dari mereka. Kita ingin mereka berubah, kita ingin mereka segera berhijrah namun kita lupa bahwa bukanlah kata-kata kita yang dapat mengubah orang, melainkan Allah-lah yang mengubah orang.

Kita hanya perlu bersabar dan terus mengingatkan mereka, karena kita tidak tahu kata-kata manakah dari kita yang akan ditanamkan dalam hati mereka seperti sebuah bibit. Dan kita pun tidak tahu kapan bibit itu akan ditumbuhkan Allah.

Mungkin hal itu akan terjadi setahun dari sekarang sampai kata-kata yang kita ucapkan menyadarkan mereka. Mungkin akan terjadi 10 tahun dari sekarang, atau mungkin akan terjadi dalam semalam. Hal ini tidak kita ketahui sama sekali.

Dalam QS. Al-An'am: 117 yang artinya: "Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui tentang orang yang tersesat dari jalan-Nya dan Dia lebih mengetahui tentang orang-orang yang mendapat petunjuk."

Dengan kata lain seseorang yang kita pikir mendapat petunjuk ataupun seseorang yang kita pikir tersesat, Allah memberitahukan kepada kita bahwa Allah lebih mengetahuinya.

Namun ada sesuatu yang terjadi dalam hati kita sebagai seorang manusia. Misalnya ada gadis yang tidak berhijab, dia berpakaian tidak seperti seorang muslim, tapi ada perang dalam hatinya dan hatinya ingin kembali kepada Allah, dan dia lebih dekat kepada Allah pada saat itu daripada seseorang yang dari luar tampak seperti muslim yang sempurna. Bisa saja shalatnya lebih bernilai daripada seorang hafizh Qur'an yang shalat sepanjang malam, tapi pikirannya ke mana-mana.
Ada yang mengaji tapi hanya untuk pamer ke orang lain.

Kita tidak tahu, kita tidak bisa menghakimi yang di dalam hanya dari luarnya. Kita tidak bisa karena kita hanya melihat luarnya saja.

Jadi sikap kita kepada orang lain ketika kita mengundang mereka kepada islam harus berubah, bahkan cara kita menghakimi pun harus berubah karena kita hanya akan membuat mereka putus asa, kita membuat mereka seakan-akan mereka tidak bisa masuk surga.
Dan yang terpenting adalah jangan pernah merasa lebih baik dari orang lain :)

No comments:

Post a Comment

Ditunggu comment dari kalian, gratis :)