Pages

Wednesday, June 12, 2013

One year ago~


Oke, hari ini temanye one year ago, hahaha. Pasti tau lah ye, kali ini kamek maok cerite tentang setaon yang lalu, 10 Juni 2012. Hmm, mulai darimane ye? *mikirkeras*

Aduh ndak tau nih mau mulai darimane, yang jelas taon lalu tuh awal mulainye bergalau ria. Karena bepisah same kawan, sahabat, sanak sodare, dan sudah sangat pasti meninggalkan kota Sintang tercinta. Eaaaak, haha. Jadi taon lalu tuh kamek berangkat dari Pontianak menuju Kota Pahlawan, Surabaya. 
 Udah ngerti lah kan, ngape postingannye pake bahase melayu. Ye anggaplah ini suatu kehormatan dari kamek sendiri sebagai warga melayu yang berasal dari Kalimantan Barat untuk melestarikan bahasa daerah yang sebenarnya sudah mulai menghilang, karne banyak orang yang gengsi atau malu pake bahase daerahnye sendiri. Ndak tau lah ngape, tapi alasan yang paling sering diungkapkan sih ye karne pengen belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ckckck kasian sekali generasi mude sekarang ni kan, betapa maseh kurangnye pengetahuan die. Padahal ade penelitian yang membuktikan bahwa orang yang menggunakan dua bahasa dalam kesehariannya tidak akan mudah pikun. Nah, yang dimaksud dari dua bahase ni ye ndak harus bahase Inggris same Indonesia, bahase daerah kite sendiri same bahase Indonesia jak udah bise dikatakan dua bahase. Jadi kite ni ndak gak harus murni bebahase Indonesia kalo becerite same sanak sodare yang same-same dari Kalimantan Barat kan. Kite ni bah saje same melayu, ndak gak harus ngomong pake bahase Indonesia tros meneros. Hmm, kamek akui sih selamak hampir setaon di Malang ni, logat melayu kamek udah mulai agak ilang perlahan-lahan, udah ndak sekental dulu agik. Udah ye, udah cukop lah pembahasan kite mengenai bahase melayu. Mau tau lebih lengkap? Hubungi saya, hahaha

Sekarang lanjut ke taon lalu, ade ape di taon lalu? Ayo ade yang tau mungkin? Pasti ndak ade kan? Hahaha, cobe lah kitak liat muke-muke orang di bawah ini. Siape tau lah ade yang dikenal same kitak kan ;)






Itu kawan-kawan SMA kamek dulu sekaligus teman satu kos, plus sahabat kamek juga :)
Mereka ngantar kamek ke bandara Supadio (Pontianak) sewaktu kamek pertame berangkat ke Surabaya same Teteh Ocx. Baek kan? Baek sekali malah, hehe. Tapi kalo diantar gitu tuh sebenarnye bahaye juga sih, karne ade kemungkinan bakal terjadi pertumpahan aer mate. Hahaha, lebay ye. Sebenarnye ndak juga sih, tapi taulah kan itu pertame kalinye kamek bakal pergi sendirian ke tanah orang. Ndak tau kayak ape di Surabaya tu, ndak tau nanti harus macam mane, ndak tau ape hal laen yang bise dibuat tanpa kawan-kawan yang biasenye selalu ngawankan kite tiap hari. Ih semuenye ndak taulah -_-

Hmm, siang itu sekitar jam satu siang, kamek same teteh berangkat ke bandara naek taksi. Tros disusul same Alvani, mas Bayu, Iq, same Imam pake motor. Selaen itu juga ade Oky same Anisa yang sayangnye ndak bise ikot ngantar ke bandara. Mereka cuma ngantar sampe depan gang. Tapi doa jauh lebih penting dari raga, doa mereka mengantarkan kepergianku. Alhamdhulillaah :))




Sekitar setengah tige sore, pesawatnye take off dari Pontianak. Transit bentar di bandara Adi Sucipto Jogjakarta, tros lanjut perjalanan menuju bandara Juanda Surabaya. Ade kendala sedikit waktu nyampe di Juanda, waktu itu ujan deras. Jadi kite ndak bisa mendarat duluk, kite mutar-mutar di atas bandara sambil nunggu hujan reda. Ndak lamak kemudian, pesawatnye landing. Dan untuk pertame kalinye ini kaki seorang VN menginjak tanah di Pulau Jawa. Kampungan atau ape ni? Haha terserah kitak mau bilang ape, tapi ini nyatenye dan kamek sendiri ndak malu untuk mengakui hal tersebut. Waktu itu hujan malah makin deras, tapi kite tetap harus turon dari pesawat. Nunggu bisnye ngantri, dan aseli lamaknye pake banget. Setelah itu, kamek same Teteh nyarek travel untok ngantar ke Keputih Utara, Sukolilo, Surabaya. Ndak terlalu lamak tawar menawar same orang-orang situk, dengan modal sok tau kite berangkat ke Surabaya. Hahaha ye emang harus belagak sok tau, karne itu adalah salah satu cara untok meyakinkan orang-orang. Jangan sampe kite ketipu, tau sendirilah kan sekarang tu banyak penipuan. Jadi pandai-pandai kite soranglah jage dirik kite ni.

Cerite apelagi ye ni? Bingung nih.. Oh iye, nyampe di Keputih Utara, kite nyasar-nyasar duluk. Karne kite ndak tau dimane sih tepatnye tempat kos yang udah kite booking, akhernye betanyak sanak sinik lah same orang-orang sekitar situk. Eh rupenye jalan KH. Ahmad Dahlan tu kelewat pulak, hahaha. Ini akibat sok taunye tadi. Tapi untongnye tu kite langsung nelpon ke mbak Wulan, ha die tu mbak kos kamek yang di Surabaya. Orangnye baek sekali, sangat pengertian same kamek. Luar biase lah pokoknye, hehe. Ndak lamak setelah nelpon mbak Wulan, kamek akhernye nyampe ke kos. Alhamdhulillaah, bekal nekat sok tau berhasil. Kite nyampe dengan selamat, walaupun supir travelnye sempat komat kamit ngomong tak jelas ape yang dikate. The most important tu kite maseh bise sampai kosan dengan selamat wal’afiat tanpa kekurangan satu apapun, sekali lagi alhamdhulillaah ya Allah..


Iye nih, hampir lupa. Mungkin ade yang pengen tau ngape kamek berangkatnye harus tanggal 10 Juni? Jadi itu dikarnekan kamek harus ikut tes SNMPTN yang lokasi tesnye tu ade di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) tanggal 12-13 Juni.

Akher cerite postingan kali ni, kamek ndak tau ape sih makna yang bise diambil. Serah kitak lah ye, mau ngambil makna ape yang tersirat dari cerite kamek ni. Dan semoge kitak semue bise melakukan perjalanan yang lebih menantang dari kamek. Oh ye, sebenarnye sih inti postingan kali ini tu ye kamek hanye sekedar ingin mengingat ape sih yang udah terjadi di setaon yang lalu, waktu pertame kalinye kamek nginjakkan kaki kamek di tanah orang ni. Hingge sampe sekarang pun kamek haros bise betahan demi masa depan, demi jalan yang udah kamek pilih sorang tanpa menyie-nyiekan harapan yang udah dikasi same orang tue. Udah lah ye, sekian postingan kamek kali ni. Kalo ade bahase yang ndak dimengerti, silahkan tanyak ke kamek. Selamat malam kawan, selamat malam semue. Makasih udah  nyempatkan bace cerite yang cukup ngawur ngidul ndak jelas ginik, hehe. Makasih kawan :)

No comments:

Post a Comment

Ditunggu comment dari kalian, gratis :)