Pages

Sunday, March 17, 2013

Holiday - chapter 2 (Jogjakarta)

Sunday, January 27th, 2013

Dear diary.... Halah, kok pake beginian segala sih! Hahaha, oh ya ini hari ketiga aku di Jogja, tapi ini hari kedua aku jalan bareng sahabat aku yang cukup unyu-unyu tapi kadang nyeselin. Tepatnya hari Minggu, 27 Januari 2013. Hmm.. kemaren sampe mana ya? Oh iya, sampe janji berangkat jam 6 pagi. Aduh, gimana ya aku ceritanya ini? Huft.. gini aja deh yaa

Alhamdhulillaah, aku lupa sama janji aku sendiri. Alhasil pun, pagi-pagi pas baru bangun aku udah ngeliat belasan sms dari mama, pacar, Pakde, Iqbal, dan Imam. Hehe, aku bener-bener lupa. Seneng sih punya temen yang perhatian, yang inget sama janji mereka. Tapi tetep aja nyeselin, bangun pagi baca sms dari Iqbal udah marah-marah gak jelas. Trus pas ketemu juga dia bilang kalo dia udah berusaha ngerjain gamtek (Gambar Teknik) semalaman, trus bangun pagi-pagi biar bisa nepatin janji sama aku. Eh malah akunya yang kesiangan, sekali lagi maaf ya teman.. insha Allah nggak aku ulangi lagi kok. Iya bener, nggak bakal ngulangin satu kali, tapi lebih dari satu kali. Hahaha, ini realita hidup kan? Ada kalanya manusia khilaf :)

Setelah itu, langsung deh aku minta jemput Pakde ke rumah, terus sama kayak kemaren aku tetep ke kos mas Bayu dulu. Dan lebih bersyukurnya lagi, mas Bayu juga masih tertidur dengan pulasnya. Kabar yang sangat baik untuk Iq Mamed alias Muhammad Iqbal. Tuh kan bener? Bukan cuma aku yang kesiangan, mas Bayu juga kan. Cihuuuy ada temen deh kalo dimarahin lagi, wkwk modus yo rek.

Pantesan aja sms aku gak dibales-bales, eh tu orang masih aja molor di kosan. Sempet flashback ke beberapa bulan yang lalu waktu lagi ngekos di Sella Kost (Pontianak), hampir setiap pagi aku ngebangunin mas Bayu sama Reski ke kamarnya. Ngetok-ngetok pintu kamar mereka subuh-subuh gitu ya, asem deh, kayak baik banget ya aku? Haha emang baik kok..

Yah balik lagi ke cerita di Jogja, waktu baru masuk ke wilayah kosan mas Bayu, langsung deh si Pakde lari-lari mode slow motion sambil menjerit-jerit, "Tolooooong... ada maling, TOLOONG!!!" Lho? Hahaha, itu lebay banget ya. Nggak ada kok, itu gak ada sama sekali. Hehe, barusan itu cuma dunia khayal aku aja. Yang bener tuh gini, pas masuk kosan mas Bayu, si Pakde langsung aja mempercepat jalannya menuju kamar mas Bayu yang letaknya ada di lantai 2 paling ujung. Bener banget dah, itu pintu udah diketok-ketok aja masih gak ada yang bukain. Udah sekitar berapa menit gitu ya, baru deh ada sesosok makhluk yang wajahnya masih kumal keluar dari sarangnya. Ya, sosok itu adalah seorang Mahasiswa Universitas Gajah Mada jurusan Kedokteran Hewan. Prok.. prok... prok.... tepuk tangan buat yang baru bangun.

Gak usah lama-lama di kosan mas Bayu ya, sekarang kita menuju kosan dua mahasiswa UII (Universitas Islam Indonesia) jurusan Farmasi sama Teknik Lingkungan. Setelah selang sekitar satu jam menghabiskan waktu di kos Mas Bayu sampe ke Kaliurang, aku sengaja banget gak sms Iqbal duluan. Kenapa? Ya biar aku bisa balik marahin Iqbal juga kalo dia belum bangun tidur, hehehe.... Pas nyampe kosan, bener deh si Iqbal belum bangun. Hati kecilku pun berkata, Alhamdhulillaah :))

Di situ juga gak lama sih, cuma numpang basa-basi doang di kamar Imam. Biasalah tangan jahil, ngutak-ngatik laptopnya dulu numpang ngecek twitter. Hahaha, iseng banget. Trus waktu kami berlima keluar dari kamar Imam, gak sengaja ketemu deh tu sama anak Sintang juga, tepatnya dulu dia sekolah di MAN Sintang. Namanya Furqan. Sebenarnya aku juga gak kenal-kenal amat sih, cuma tau doang. Dan emang enak banget ya di Jogja, mudah banget ketemu temen yang sama dari Kalimantan Barat. Gak kayak di Malang. Ckckck

Pas mau berangkat ke Taman Wisata Kaliurang, tepat di pintu masuk kampus UII, nyempetin deh narsis bentar sambil nunggu Iqbal sama Imam ke rumah temennya buat ngambil helm. Hehehe

Kurang lebih setengah jam, akhirnya aku nyampe ke Taman Wisata Kaliurang. Berhubung gak ada yang udah sarapan, kami mutusin buat sarapan dulu di warung apa gitu. Di sana kita bisa ngeliat dengan sangat jelas gimana proses pembuatan SATE KELINCI. Uhh... Gak tega banget sih ngedenger nama hewan yang lucu ini. Tapi ya mau gimana lagi, mungkin ini emang udah takdir dari Allah. Emang kayak gini cara mereka beribadah kepada Allah SWT. Tapi ya kalo dipikir-pikir lagi sih kenapa sampe segitunya juga kita gak tega sama kelinci? Gimana dengan sate ayam atau sate sapi yang biasa kita makan? Apa kita nggak kasian sama mereka? Apa kita tega? Semestinya kita juga nggak tega kan, jadi intinya ya sama aja. Mereka sama-sama hewan. Mereka sama-sama binatang peliharaan. Kalo emang mau makan sih, ya makan aja. Kalo nggak ya nggak. Simple kan?

Pagi itu, aku milih makan sate ayam, sama kayak semalem. Tapi aku juga sempet ngerasain sate kelinci punya mas Bayu, kita barteran gitu deh. Kalo nggak salah sih pakde sama Imam juga makan sate kelinci. Cuma Iqbal yang beda sendiri, dia makan mie goreng. Anak kosan banget kan dia? Hahaha, lupakan.




Pakde Susilo Ari Nugroho


Iqbal si Mr. Galau

Sesudah makan, kami langsung masuk ke Taman yang entah apa namanya. Soalnya aku taunya itu Taman Wisata Kaliurang, tapi di situ tulisannya Taman Nasional Gunung Merapi.


Di sini nih, aku diajak muncak ke Bukit Pronojiwo, kalo nggak salah sih posisi Bukit Pronojiwo itu di belakangnya Gunung Merapi.

Pronojiwo Hill
Sebelum muncak, aku sama mereka ngeliatin Air Terjun. Masih cukup alami lah pemandangannya, cukup buat ngeksis bentar. Hehehe


Nggak lama kemudian, kita mulai deh melakukan perjalanan yang bisa dibilang lumayan pendek. Mungkin sekitar 700 m. Bener kan, nggak jauh? Nggak nyampe 1 km juga kan. Tapi tetep aja napas udah ngos-ngosan waktu sampe puncak. Gila itu jalan setapaknya fantastic banget dah, amazing. Tapi kalo dibandingkan sama jalan buat muncak ke Bukit Kelam sih ya tetep aja bagusan yang di Bukit Pronojiwo. Secara gitu yaa...

Teng.. teng... nyampe deh di puncak. Hahaha, cepet amat yak? :p Emang lumayan cepet sih, waktu muncaknya itu sekitar 25 menit. Itu juga masih nyantai banget, mana jalanan macet lagi. Ya nggak macet kayak di jalan raya sih, macetnya itu dikarenakan antriannya yang teramat panjang. Bener banget, ada banyak turis yang dateng beserta anak-anaknya yang emang masih kecil. Paling juga baru 5 atau 6 tahun gitu umur anaknya. Tau dong gimana jalan anak kecil? Mana keseringan berhenti di jalan lagi, jadi mampet deh tuh jalanan. Untungnya ada guide mereka yang nyuruh kita berlima duluan, alias nyelip tuh anak-anak. Haha syukur deh, jadi bisa cepet sampe puncak.
Tapi sayang banget banget banget, panorama dari Gunung Merapi nggak bisa dilihat, hampir sebagian puncak Gunung Merapi tertutup awan. Trus apa yang mau dilihat nih? Ckckck, kasian amat ya.. Jauh-jauh dateng dari Malang, eh malah gak bisa ngeliat puncak Gunung Merapi secara jelas di depan mata. Hmmm, kecewa.... Namun Tuhan masih berhati baik, masih ada lah pemandangan yang bisa dilihat dari puncak Bukit Pronojiwo. Ini nih foto waktu lagi di puncak:

Kasian mas Bayu, ckck


itu gunung merapi kayak penampakan, gara-gara ketutup awan tebal



Waktu itu kita nggak terlalu lama di puncaknya, cuma singgah minum sama foto-foto bentar. Trus turun lagi deh, ya iyalah masa mau nginep di sono. Hahaha. Saat perjalanan turun, kita memilih medan yang lebih terjal dari perjalanan muncak tadi. Lebih serem. Kadang harus megang tali lah, megang temen, kadang juga harus nunduk ngelewatin batang pohon yang udah tumbang. Luar biaseee.. Tau posisiku gimana? Yap... Posisiku selalu berada di tengah, bahkan terkadang berada di baris keempat. Tanya kenapa? Ya bener, karena aku gak mau jalan paling belakang atau paling depan. Bukan karena takut ketinggalan atau diculik oleh Pangeran Antah Berantah yang entah darimana asalnya, tapi karena takut tiba-tiba mengalami something that so amazing atau menemukan sesuatu yang tak pernah ditemukan oleh orang lain. Hahaha, sebenernya ini cuma imajinasiku doang sih. Tapi yang jelas ya sebagai satu-satunya perempuan yang berada di tengah laki-laki *caelah bahasanya*, aku nggak mau dong jadi pengawal di urutan paling belakang. Muehehe :)) Perempuan itu mesti dijaga, mesti dilindungi, iya nggak tuh? Ihiiiy....

Kita ganti topik ya, sekarang ceritanya kita mau ke Candi Prambanan lagi. Oke, sebelum nyampe ke Prambanan, aku mau ngejelasin dimana letak Candi Prambanan itu sendiri.

Candi ini terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

Megahnya Candi Prambanan
Aku inget banget, waktu itu ada kejadian lucu dalam perjalanan menuju Prambanan. Pas di lampu merah mana gitu, aku gak tau. Tapi yang jelas di situ adalah tempat tongkrongan para mbak-mas ciban, hahaha. Ngerti nggak? Ba*ci atau be*cong maksudnya. Aku bersyukur juga sih karena waktu itu aku dibonceng sama Wahyu, trus Iqbal sama Pakde Susilo, dan udah pasti nih mas Bayu yang sendirian. Hahaha, nggak kebayang banget tiba-tiba ada mbak ciban yang ngedeketin mas Bayu trus dengan gaya sok mijit-mijit tangannya mas Bayu sambil ngomong apa gitu, karena aku emang gak ngedenger dan nggak berani ngeliatin. Aku cuma berani ketawa diem-diem di belakang Wahyu. Hihihi... Eh nggak lama setelah dari mas Bayu, tu mbak ciban ngedatengin aku sama Wahyu yang lagi nahan ketawa, dan sempet-sempetnya tuh mbak ciban nyubit tangan Wahyu. Adaaaw.. kejadian deh. Hahahaha.... Pas lampu hijau udah nyala, langsung deh semuanya pada tancap gas, KABUUUR dan dengan bahagianya kita ketawa-keetawa di jalan. Ngetawain mas Bayu sih, hehe. Maaf mas ya :))

Nah sekarang aku udah nyampe di Prambanan. Baru nyampe di pintu masuk candinya aja, kita udah mulai goyah, mulai galau, mulai bingung. Ini gimana ya, masuk apa nggak? Karena tiket masuknya sebesar Rp. 35.000 dan itu lumayan buat makan anak kos selama beberapa hari. Tapi yo wes, wong udah nyampe juga kan. Masa harus balik lagi sih, males banget. Awalnya aku kirain ini biaya tiket masuk ke Candi Prambanan itu sama kayak ke Candi Borobudur, eh rupanya nggak. Ternyata kita hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 12.500 kalo kita bawa rombongan minimal berjumlah 15 atau 20 orang gitu deh.

Sama seperti di Candi Borobudur, pas masuk itu langsung deh kita disuruh pake kain sarung bermotif batik yang emang udah disediakan. Ini nih lucunya kita waktu lagi masangin kainnya, wkwk


Kita lumayan lama ngabisin waktu di Prambanan, soalnya kita emang gak mau nyia-nyiain uang dalam waktu sebentar cuma buat nikmatin panasnya udara di daerah Prambanan. Hahaha... Puas-puas deh tu di Prambanan.



Sekarang waktunya balik, dan seperti biasanya kita makan sore di RM. Padang, kalo nggak salah sih itu di Jalan Jogja - Solo. Di situ deh baru nyadar, kapan ya bisa kumpul kayak gini lagi? Hmm jawabannya ya udah pasti waktu lebaran. Karena semuanya udah punya tujuan masing-masing, tujuan buat balik maksudnya. Gak ada juga yang betah tinggal di Jawa pas lebaran, trus gak bisa ketemu keluarga yang ada di Kalimantan. Jadi, in Shaa Allah kita semua bakal ketemu di kota bersemi, Sintang. Ameen...


Ksatria Jogja tersayang {}
Jogjakarta, 26-27 Januari  2013. Kota yang mempertemukanku kembali dengan empat sahabatku tersayang. Aku janji, aku takkan lupa. Aku akan selalu menyayangi kalian, sahabatku :)

No comments:

Post a Comment

Ditunggu comment dari kalian, gratis :)