Pages

Wednesday, July 17, 2013

Online-lah dengan Cerdas!

Jangan habisin umur hanya di depan akun Facebook, Twitter, Youtube. Karena banyak banget yang masa mudanya habis hanya diisi dengan membaca status-status Facebook yang kebanyakan tak memberikan pencerahan bagi dirinya.

Yang saya tahu, hanya ada empat sebab kenapa banyak orang yang hiperaktif di jejaring sosial.
1.        Ia kurang mendapat perhatian dari lingkungannya. Sehingga saat ada masalah, ia mencari perhatian kepada teman-teman di jejaring sosialnya. Cirinya: status-statusnya penuh galau, caci, caper, narsis.
2.        Karena ia memang ingin menebarkan ide dan pikiran-pikirannya setiap saat. Orang ini penuh gagasan, ia ingin gagasannya tersampaikan kepada masyarakat luas.
3.        Karena niat jualan. Dagang lewat jejaring sosial dianggap sebagai cara dagang yang murah dan mudah. Isi status selalu menawarkan produknyaaa terus.
4.        Dan lain-lain, hehe.

Jangan kau sesaki lagi beranda facebook yang sudah sesak oleh status keluhan, rengekan kesedihan, serta curhatan tak bermutu. Tampillah beda. Jika sekitarmu gelap, jadilah pelita.

Tebarkan kalimat nasehat dan motivasi yang baik. Bukan jumlah like, retweet, atau komentar dari kawanmu yang menentukan mulia tidaknya. Tapi niat lurus dan cara benarmu yang menentukan mulia tidaknya rangkaian huruf yang terketik dari jemarimu. Online-lah dengan cerdas!


Online dengan cerdas adalah salah satu cara agar kita menjadi seorang muslim yang berprestasi, yang terdapat dalam buku “Shalihah, Cerdas, Gaul” oleh Ahmad Rifa’i Rif’an. Beberapa paragraf yang telah saya sampaikan di atas mengacu pada buku tersebut, saya ingin teman-teman semua juga mengetahui apa yang telah saya baca. Karena setelah saya membaca buku ini, banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil, dan semua itu memang benar-benar nyata ada di sekitar kita. Saya hanya berharap semoga kalimat-kalimat yang telah saya publikasikan di atas bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Tidak hanya kita baca, namun juga kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, ameen.

No comments:

Post a Comment

Ditunggu comment dari kalian, gratis :)